My Motivation

Dalam hidup, tidak semuanya mudah, namun saya percaya, seperti yang diajarkan oleh Orang Tua saya & mungkin semua orang tua di semua penjuru dunia, bahwa tekad, niat & kemauan dapat menjawab ketidak mudahan itu, dan tentu saja, motivator dalam hidup, tentu harus ada, keluarga adalah motivator tebesar saya, sebab dalam keluarga lah kita memulai menggali surga

Rabu, 09 Juli 2014

Euforia Ramadhan


Euforia Ramadhan

mall di bulan ramadhan


Begitu semaraknya melihat Euphoria Ramadhan, setiap tahun pasti ada hal-hal seperti ini … ibu-ibu, bapak-bapak, anak-anak, remaja putra dan putri, semuanya sibuk menyambut optimisme hari kemenangan …

Pengalaman yang saya alami ini sudah setiap tahun terjadi, cuman tahun ini, agak sedikit berbeda, sebab di tempat kerja saya, Euphoria Ramadhan mulai terjadi agak lebih awal, tepat di hari ke sepuluh ramadhan, sudah mulai berdatangan tawaran-tawaran dari mulai baju, uang baru, kue-kue, enggak ketinggalan amplop angpaw dengan gambar yang macem2, ada yang islami, karakter kartun, sampai peralatan rumah tangga lainnya seperti taplak meja, toples tupperware, tempat tissue yang unik, dan banyak lainnya …

Puasa saja baru dijalani 10 hari, tapi kesibukan persiapan untuk hari raya sudah booming banget !! Hal pertama yang ada dalam pikiran saya sejujurnya adalah : UANG, “ ini orang2 pada banyak duit yah ?? g usah nunggu THR, barang2 keperluan untuk hari raya sudah terbeli … “ (kliatan banget ya ?? pikiran orang yang ngiler liat rekan2 sekerja yang udah pada sibuk kluarin uang … beli ini, beli itu, hahaha …, yaah … rejeki orang, ada yang atur kan ??)

Seakan tidak peduli berapa harganya, asal sesuai dengan keinginan, pasti dibeli … dan berkah Ramadhan, SUBHANALLAH  … !! semua barang yang di tawarkan adaaa aja yang beli, bukan 1 atau 2 orang, tapi banyak orang … dan berkahnya lagi, tidak ada istilah tanggal tua dalam bulan Ramadhan … ya iyalah, baru gajian, ntar tengah bulan udah dapet lagi THR, ya kan ??

Seusai buka puasa, saya ngobrol sama seorang teman di teras rumah, ngobrolin Euphoria Ramadhan yang sekarang lagi trend …
Mulai dari jalanan yang hampir semua alih fungsi menjadi area parkir …
Saya tinggal di daerah yang enggak kota banget … rata-rata tempat perbelanjaan lumayan lengkap, cuman kebanyakan tidak punya lahan parkir khusus, jadi yang selama ini halaman toko jadi area parkir, selama Euphoria  Ramadhan terjadi, area parkir jadi merambah ke jalanan, jadi macet banget sih enggak, cuman pemandangan jadi ruwet aja, kalo ngabuburit mau jalan-jalan muter-muter gitu jadi agak males, soalnya yang kliatan jadinya cuman kendaraan sama orang …

Kalo jalanan aja udah beralih fungsi jadi lahan parkir, bisa bayangin kan di dalam toko kayak apa ?? waahh … jika saja semua sisi toko terbuat dari kaca, udah pasti kayak aquarium raksasa yang penuh dengan ikan raksasa atau lebih tepatnya ikan duyung (ikan tapi manusia, ikan duyung kan ??, hehehe …)

Di tengah2 obrolan kami, tiba2 temen saya nyeletuk “ enak kali ya, kalo kayak gini ?? udah pasti gitu, kalo kita bakalan menang … waktu kita puasa kan berjuang, perang melawan hawa nafsu bersenjatakan perbanyak doa & ibadah, tapi Allah juga udah kasih kita kepastian, bahwa kita bakalan menang, yang biasa kita sebut hari raya, iya kan ?? “

Merasa paham dengan yang teman saya maksudkan, saya juga berpikir, andaikan dalam hidup, kita juga bersikap seperti itu, mungkin hidup kita akan dipenuhi kedamaian kali ya ?? apapun yang kita hadapi, kita selalu yakin bahwa ada sesuatu yang lebih besar yang telah dipersiapkan Allah untuk kita, hanya bedanya, kita tidak tau kapan, WALLAHU A’LAM …

Jika setiap kali ada masalah atau cobaan yang kita hadapi, kita berjuang saja sekuat tenaga, kerahkan kemampuan semaksimal mungkin, sama kayak orang puasa, lalu selebihnya kita serahkan saja pada Yang Kuasa, yakin saja bahwa Dia sudah persiapkan sesuatu yang lebih besar yang terbaik untuk kita …

Sayangnya, kalau berkaca pada diri sendiri, panik, bingung, takut, dan saudara2nya yang idem dengan itu, yang sering saya rasakan ketika ada masalah atau cobaan yang datang … dalam benak dipenuhi pikiran-pikiran akan ketakutan-ketakutan yang belum terjadi, jangan-jangan begini, jangan-jangan begitu, harus begini ataukah begitu, seakan tidak yakin kalau semuanya pasti akan ada ujungnya, bahwa Tuhan pasti akan menunjukkan jalan buat kita, akan memberi kemenangan pada kita …

Saya harus berterima kasih pada teman saya, sebab dengan celetukan teman saya itu, memberikan inspirasi buat saya dan sebaiknya saya mulai introspeksi diri, mumpung di bulan penuh berkah & rahmat, bulan Ramadhan yang kita cintai ini, sebab pastinya introspeksi diri akan jadi lebih fokus, dan siapa tahu, di hari kemenangan nanti, tidak hanya menjadi fitri kembali, tapi juga menjadi manusia yang baru … (ketinggian g sih mimpinya ?? Insnyaallah ya … mohon do’anya …), pas nulis ini, jadi bayangin, seandainya memang kejadian, wahhh … pasti Ramadhan tahun ini bakalan jadi yang paling berkesan & tak terlupakan …, soalnya pasti tidak akan mudah, orang bilang kalau soal introspeksi diri yang berujung kepada perubahan pribadi yang baik, “it must take times & patients”, pasti butuh waktu & kesabaran … tapi untuk niat yang baik, kenapa tidak ?? ya kan ??

Baiklah, untuk bulan Ramadhan ini, semoga kita semua selalu diberikan kesabaran & kekuatan dalam menempuh ibadah suci Ramadhan, sehingga kita akan benar-banar meraih kemenangan … amiin …


O ya, saya mau share sedikit, saya juga dapetnya dari seorang teman, ini saya copy dari email teman saya, ini adalah do’a Nabi Musa padaa saat mengalami kesulitan :

do'a Nabi Musa ketika dalam kesulitan

qaala robbish rokhlii sodri. wa yassirlii amrii. wakhlul 'uqdatam mil lisaanii. yafqahuu qaulii.


iMohon maaf kalu teks do’a nya kurang jelas, soalnya udah g bisa di besarin lagi, kalau di besarin lagi, hasilnya akan pecah, tambah kurang jelas lagi untuk dibaca. Semoga bermanfa’at …



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comment here